Tips Memilih Makanan Sehat untuk Diet dan Kesehatan - Tips Sehat, Tips Hidup Sehat, Tips Diet Sehat
22641
post-template-default,single,single-post,postid-22641,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive
Tips Memilih Makanan Sehat untuk Diet dan Kesehatan

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Diet dan Kesehatan

Tidak hanya pola makan yang pening namun memilih makanan sehat juga berpengaruh pada program diet dan kesehatan tubuh.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang Anda inginkan, juga dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit tertentu. Secara umum, diet sehat membuat tubuh Anda segar dan bugar setiap hari. Mulailah pelajari cara membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Langkah Menuju Kesehatan yang Lebih Baik

Pilihan yang Anda buat tentang jenis makanan dan minuman sangatlah penting. Makanan yang masuk harus memberi gizi dan nutrisi seimbang. Kita semua memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas. Kondisi kesehatan juga dapat berperan, termasuk jika Anda perlu menurunkan berat badan.

Berikut Tips Memilih Makanan Sehat dari 5 Kelompok Makanan di bawah ini:

  1. Biji-bijian

Pilih produk yang berasal dari biji-bijian sebagai bahan pertama. Misalnya, roti gandum atau tepung gandum. Biji-bijian utuh rendah lemak dan tinggi serat. Mereka juga mengandung karbohidrat kompleks (karbohidrat), yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Hindari produk yang mengatakan “diperkaya” atau mengandung biji-bijian dari tepung jenis lain. Mereka tidak memiliki nutrisi yang sama.

Sereal panas dan dingin biasanya rendah lemak. Namun, sereal instan dengan krim mungkin mengandung minyak atau lemak tinggi. Sereal granola juga mengandung minyak lemak tinggi dan gula ekstra. Cari opsi rendah gula sebagai gantinya.

Hindari makanan yang terlalu manis, seperti donat, roti gulung, dan muffin. Makanan ini sering mengandung kalori yang terdiri dari lebih dari 50% lemak. Pilihlah snack yang rendah gula yang dapat memuaskan gigi manis Anda tanpa menambah lemak pada diet Anda.

Hindari Ganti dengan
Croissant, roti gulung, biskuit, dan roti putih Roti gandum, termasuk gandum, gandum hitam, dan roti gambang (pumpernickel)
Donat, kue kering, dan scone Muffin Inggris dan bagel gandum kecil
Tortilla goreng Tortilla lembut (jagung atau gandum)
Sereal gula dan granola biasa Sereal gandum utuh, oatmeal, dan granola rendah lemak
Kerupuk / makanan ringan goreng Biskuit rendah lemak dan gula
Croissant, roti gulung, biskuit, dan roti putih Roti gandum, termasuk gandum, gandum hitam, dan roti gambang (pumpernickel)
Doughnuts, pastries, and scones Muffin Inggris dan bagel gandum kecil
Tortilla goreng Tortilla lembut (jagung atau gandum)
Sereal gula dan granola biasa Sereal gandum utuh, oatmeal, dan granola rendah lemak
Kerupuk / makanan ringan goreng Biskuit rendah lemak dan gula

 

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran secara alami merupakan rendah lemak. Mereka memberikan rasa dan variasi untuk diet Anda. Mereka juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan. Cobalah untuk tidak menambahkan lemak yang tidak dibutuhkan pada sayuran dan buah-buahan. Ini berarti menghindari margarin, mentega, mayones, dan krim asam. Anda bisa menggunakan yogurt, minyak sehat, atau bumbu untuk membumbui.

 

  1. Protein

Daging sapi, babi, sapi muda, dan domba

Pilih daging rendah lemak dan tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak dan potongan daging sapi muda. Potong lemak luar sebelum dimasak. Potong bagian dalamnya, pisahkan lemak sebelum memakannya. Gunakan bumbu, rempah-rempah, dan rendaman rendah sodium untuk membumbui daging.

Cara paling sehat untuk menyiapkan daging adalah dengan memanggang atau ditumis. Gunakan wajan antilengket dan minyak zaitun atau minyak kelapa sebagai pengganti mentega atau margarin. Hindari menyajikan protein Anda dengan saus dan bumbu lemak tinggi.

Unggas

Dada ayam adalah pilihan yang baik karena rendah lemak dan tinggi protein. Kurangi makan bebek dan angsa karena mengandung lemak yang tinggi. Buang kulit dan lemak daging sebelum dimasak.

Ikan

Sebagian besar makanan laut kaya lemak tak jenuh ganda yang sehat. Asam lemak omega-3 juga ditemukan pada beberapa ikan, seperti salmon dan trout air dingin. Cobalah makan makanan laut dua kali seminggu. Ikan segar harus memiliki warna yang jelas, bau yang bersih, dan daging yang kenyal. Jika ikan segar berkualitas baik tidak tersedia, belilah ikan beku. Cara penyajian ikan yang sehat adalah dengan merebus, mengukus, membakar, atau memanggang.

Protein non-daging

Pilihan non-daging termasuk kacang kering, kacang polong, dan lentil. Mereka menawarkan protein dan serat tanpa kolesterol dan lemak daging. Ini adalah makanan pokok bagi orang yang vegetarian atau vegan. Anda bisa menukar daging dengan kacang dalam resep seperti lasagna atau cabai.

 

  1. Susu

Pilih susu skim atau non-susu, seperti kedelai, beras, atau susu almond. Cobalah keju rendah lemak atau skim dalam resep. Skim ricotta dapat menggantikan krim keju pada roti bagel atau saus sayuran. Gunakan 1% keju cottage untuk salad dan memasak. String cheese adalah pilihan camilan rendah lemak dan tinggi kalsium.

Yoghurt tanpa lemak atau Greek yogurt dapat menggantikan krim asam dalam banyak resep. Coba campur dengan buah untuk pencuci mulut. Serbat skim dan yogurt beku lebih rendah lemak daripada es krim.

 

  1. Lemak, minyak, dan makanan ringan

Terlalu banyak makanan berlemak tinggi menambah kelebihan kalori dalam diet Anda. Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas, atau meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tertentu. Penyakit jantung, diabetes, beberapa kanker, dan osteoarthritis semuanya dikaitkan dengan diet tinggi lemak. Jika sering mengonsumsi lemak jenuh dan gula dalam jumlah tinggi, Anda dapat mengalami kolesterol tinggi dan penyakit jantung koroner.

Penting agar Anda tetap dehidrasi sehari-hari dengan minum air putih dalam jumlah tertentu. Namun, minuman yang dimaniskan dengan mengandung banyak gula dan kalori. Ini termasuk jus buah, soda, minuman olahraga penambah energi, susu manis atau beraroma, dan teh manis. Ganti air dan minuman nol kalori lainnya.

 

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih makanan sehat

Menjadi sehat lebih dari sekadar diet – makanan sehat adalah gaya hidup. Kombinasikan pilihan makanan sehat dengan olahraga teratur dan kebiasaan baik. Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 150 menit olahraga moderat setiap minggu. Anak-anak dan remaja harus berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Jika Anda merokok, Anda harus berhenti. Anda juga harus membatasi asupan alkohol. Wanita seharusnya tidak konsumsi lebih dari satu gelas alkohol per hari. Pria seharusnya tidak lebih dari dua gelas alkohol per hari. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda perlu bantuan untuk berhenti minum alkohol atau merokok.

Ketika berkomitmen pada gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi resiko penyakit tertentu, memiliki kulit yang sehat dan cantik serta meningkatkan rasa percaya diri dan mood. Ini termasuk obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Jika Anda khawatir gagal, coba lakukan perubahan kecil pada diet sedikit demi sedikit. Bicaralah dengan dokter keluarga atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan.

source

No Comments

Post a Comment
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Ikuti kami @biosehat101