Ingin Mengurangi Berat Badan, Lakukan Hal Ini - Tips Sehat, Tips Hidup Sehat, Tips Diet Sehat
22717
post-template-default,single,single-post,postid-22717,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive
ingin mengurangi berat badan

Ingin Mengurangi Berat Badan, Lakukan Hal Ini

Banyak orang ingin cepat menurunkan berat badan dengan melakukan berbagai cara dan macam diet, namun terdapat satu hal yang penting yang seharusnya juga dilakukan secara rutin, yaitu tidur yang cukup.

Menurut banyak Penelitian Kesehatan, kondisi mental dan stress dapat memengaruhi berat badan Anda. Saat Anda tidak tidur, tubuh Anda mengeluarkan zat-zat beracun yang salah satunya dapat menambah berat badan.

Saat Anda kurang tidur, sangat mudah untuk bersandar pada latte ukuran besar untuk bergerak. Anda mungkin tergoda untuk melewatkan olahraga (terlalu lelah), pergi makan untuk makan malam, dan kemudian tidur terlambat karena Anda merasa kenyang dan tidak nyaman.

Jika rangkaian peristiwa ini terjadi beberapa kali setiap tahun, tidak masalah. Masalahnya, lebih dari sepertiga orang tidak cukup tidur secara teratur. Namun para ahli setuju bahwa cukup menutup mata sama pentingnya untuk kesehatan, kesejahteraan, dan berat badan Anda seperti halnya diet dan olahraga.

Kurang Tidur menyebabkan Otak Lemah

Kurang tidur membuat otak Anda siap untuk membuat keputusan yang buruk. Ini menumpulkan aktivitas di lobus frontal otak, tempat pengambilan keputusan dan kontrol impuls.

Jadi ini seperti sedang mabuk. Anda tidak memiliki kejernihan mental untuk membuat keputusan yang baik.

Selain itu, saat Anda lelah, pusat reward otak Anda meningkat, mencari sesuatu yang terasa nyaman. Jadi, meskipun Anda mungkin bisa menghentikan keinginan akan makanan yang menenangkan saat Anda cukup istirahat, otak Anda yang kurang tidur mungkin kesulitan mengatakan tidak untuk sepotong kue kedua.

Penelitian menceritakan kisahnya. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ketika orang-orang kelaparan, ngemil larut malam meningkat, dan mereka lebih cenderung memilih camilan tinggi karbohidrat. Dalam studi lain yang dilakukan di University of Chicago, peserta yang kurang tidur memilih camilan dengan lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidur setidaknya 8 jam.

Studi kedua menemukan bahwa tidur terlalu sedikit mendorong orang untuk makan lebih banyak dari semua makanan, meningkatkan berat badan. Dan dalam tinjauan terhadap 18 studi, para peneliti menemukan bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan keinginan untuk makanan padat energi dan tinggi karbohidrat.

Tambahkan semuanya, dan otak yang mengantuk tampaknya mendambakan junk food sementara juga tidak memiliki kendali impuls untuk mengatakan tidak.

Tidur dan Metabolisme Berat Badan

Tidur itu seperti nutrisi bagi otak. Kebanyakan orang membutuhkan antara 7 dan 9 jam setiap malam. Dapatkan kurang dari itu, dan tubuh Anda akan bereaksi dengan cara yang bahkan mengarahkan pelaku diet yang paling gigih langsung ke Ben & Jerry’s.

Terlalu sedikit tidur memicu lonjakan kortisol. Hormon stres ini memberi sinyal pada tubuh Anda untuk menghemat energi untuk mengisi waktu bangun Anda.

Dengan kata lain Anda akan lebih mudah gemuk.

Para peneliti menemukan bahwa ketika pelaku diet mengurangi tidur selama periode 14 hari, jumlah berat badan yang hilang dari lemak turun 55%, meskipun kalori mereka tetap sama. Mereka merasa lebih lapar dan kurang puas setelah makan, dan energi mereka terangkat.

Kurang tidur membuat Anda “secara metabolik grogi,” kata peneliti University of Chicago. Hanya dalam 4 hari ZZZ yang tidak mencukupi, kemampuan tubuh Anda untuk memproses insulin – hormon yang dibutuhkan untuk mengubah gula, pati, dan makanan lain menjadi energi – menjadi serba salah. Sensitivitas insulin, para peneliti menemukan, turun lebih dari 30%.

Inilah mengapa hal itu buruk: Ketika tubuh Anda tidak merespons insulin dengan baik, tubuh Anda mengalami masalah dalam memproses lemak dari aliran darah Anda, sehingga akhirnya menyimpannya sebagai lemak.

Jadi, bukan berarti jika Anda tidur, Anda akan menurunkan berat badan, tetapi terlalu sedikit tidur akan menghambat metabolisme Anda dan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Trik dan Kiat untuk Tidur Malam yang Lebih Baik

Dalam dunia saat ini, tidur bisa jadi sulit dilakukan, terutama jika semua layar Anda (komputer, TV, ponsel, tablet) memikat Anda untuk begadang sedikit lebih lama.

Dasar-dasarnya cukup sederhana:

  • Matikan komputer, ponsel, dan TV Anda setidaknya satu jam sebelum Anda berangkat.
  • Simpan kamar Anda untuk tidur dan seks. Pikirkan relaksasi dan pelepasan, daripada bekerja atau hiburan.
  • Ciptakan ritual sebelum tidur. Ini bukan waktunya untuk menangani masalah besar. Sebaliknya, mandi air hangat, bermeditasi, atau membaca.
  • Patuhi jadwal, bangun dan pensiun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.
  • Perhatikan apa dan kapan Anda makan. Hindari makan makanan berat dan alkohol menjelang waktu tidur, yang dapat menyebabkan mulas dan membuat Anda sulit tidur. Dan hindari soda, teh, kopi, dan coklat setelah jam 2 siang. Kafein dapat bertahan di sistem Anda selama 5 hingga 6 jam.
  • Matikan lampu. Kegelapan memberi isyarat pada tubuh Anda untuk melepaskan hormon tidur alami melatonin, sementara cahaya menekannya.

Nah, jika Anda telah berhasil menerapkan langkah ini secara rutin maka aktivitas menurunkan berat badan akan semakin mudah, salah satu metode yang terkenal adalah Diet Alkali.

No Comments

Post a Comment
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Ikuti kami @biosehat101